Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Portal Literasi Sejarah Bencana?

Portal Literasi Sejarah Bencana ialah situs yang berfungsi mengumpulkan aset arsip, artifak dan sumber primer sejarah kejadian bencana di Indonesia. Portal ini dilengkapi dengan fitur utama:

  • Koleksi Arsip Sejarah Bencana, fitur yang memiliki kapabilitas mesin pencarian dan visualisasi distribusi spasial arsip.
  • Cerita Bencana, fitur story telling sejarah kejadian bencana-bencana besar di Indonesia untuk memudahkan pencarian arsip terkait secara spasial dan temporal.
  • Artikel Sejarah Bencana adalah rangkuman informasi dari arsip sumber primer sejarah kebencanaan untuk memudahkan pembaca umum.

Siapa pemilik dan pengelola Portal Literasi Sejarah Bencana?

Portal Literasi Sejarah Bencana merupakan inisiasi dan dikelola oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beserta para mitra dari berbagai Kementerian, Lembaga, dan organisasi.

Siapa yang bisa berkontribusi pada Portal Literasi Sejarah Bencana?

Perwakilan Kementerian/Lembaga maupun perseorangan dapat berkontribusi memasukkan aset arsip sejarah bencana

Apa itu Arsip?

Suatu laporan atau catatan-catatan atau kesaksian terkait suatu peristiwa, masyarakat, orang-orang, atau terkait urusan - urusan tertentu. Arsip dibuat dalam lingkup institusi pemerintah atau institusi lain yang memerlukannya.

Apa itu Sumber Primer?

Rekaman suatu peristiwa yang ditulis oleh orang, kelompok atau institusi yang langsung mengalami kejadian dalam penelitian sejarah. Dilihat dari tipe sumbernya, sumber primer ini dibuat pada masa suatu kejadian terjadi atau di masa studi yang kita dalami. Sumber primer dapat berupa arsip, manuskrip lokal, laporan artikel koran, memoar, autobiografi, dsb.

Apa itu Sumber Sekunder?

Istilah yang digunakan dalam historiografi untuk merujuk pada karya sejarah yang ditulis berdasarkan pada sumber-sumber primer dan biasanya dengan merujuk pula pada sumber-sumber sekunder lainnya.

Jenis Arsip sejarah bencana apa yang dicari / diutamakan?

Portal mengutakamakan kontribusi arsip sejarah peristiwa bencana dalam bentuk sumber primer. Misalnya, jika terdapat video dokumentasi, maka sumber asli (raw footage) tersebut yang diutamakan.

Bagaimana caranya saya bisa berkontributor?

Anda dapat melakukan kontribusi penambahan data Arsip melalui Portal ini, Anda dapat melakukan registarsi terlebih dahulu untuk dapat berkontribusi.